CARA BETERNAK BABI YANG BAIK

CARA PEMELIHARAAN TERNA BABI


Cara Ternak Babi Yang Baik- Cara pemeliharaan / beternak babi yang baik diperlukan manajemen pemeliharaan yang baik dan benar, agar budidaya ternak babi berhasil anda harus memperhatikan syarat syarat budidaya yang benar yang perlu anda perhatikan. selain pemeliharan juga diperlukan vitamin / suplemen khusus ternak yang terbukti kualitas dan kuantitasnya.

1. Pemilihan Bibit Babi Yang Baik Untuk Di Ternakan

Pemilihan bibit yang baik merupakan langkah awal yang menentukan berhasil atau tidaknya dalam usaha peternakan syarat syarat yang perlu anda perhatikan dalam memilih bibit babi sebagai berikut :
a. Babi yang sehat, dengan bentuk tubuh yang sempurna dengan kreteria : Ambing yang besar dan debgan saluran darah terlihat, tubuh padat/kopak, kaki tegak dan kokoh, tubuh panjang, di bandingkan dari babi babi yang sama umur, letak puting simetris dan berjumlah 12 kiri dan kanan.
b. Anakan babi yang akan diternakkan haruslah dari indukan yang menghasilkan anak banyak 5 ekor lebih dalam 1 kali melahirkan. dan mampu menjaga anak anak nya sampai saat lepas susu.

2. Pemeliharaan Babi

Anak Babi sejak lahir sampai umur 10 hari adalah masa kritis, sebab anak babi sangat sensitif dan tidak berdaya terhadap lingkungan yang berat, kematian anakan babi yang menonjol apabila tatalaksana dan pemeliharaan induk dan anak kurang baik. oleh karena itu perlu diperhatikan beberapa hal dalam pemeliharaan anak-anak babi misalnya :

- Pembuatan kandang dengan sekat pengaman dalam kandang, tempat makan
- Menjaga kebersihan kandang secara teratur dan kontiyu
- Segera setelah anakan babi lahir tali pusar diolesi obat merah untuk menghindari infeksi.
- Memberi makanan dan minuman secara teratur
- Bila induk babi mati anak babi yang masih kecil dipisahkan ke induk yang lain atau diberi susu pengganti sebanyak 0,2 - 0,4 liter/ekor/hari sampai umur 4-5 minggu.

Babi jantan yang digunakan sebagai pejantan pada umur 10 bulan dapat mengawini 1 - 2 ekor babi betina perhari dan dalam seminggu jangan sampai lebih dari 3 kali kawin.
Perbandingan jumlah pejantan dan induk babi 1 ekor : 8-10 ekor. Anak babi yang tidak digunakan sebagai calon pejantan sebaiknya segera dikebiri berumur kira - kira 3 minggu.
Babi yang digunakan sebagai calon indukan dikawinkan pertama kali pada umur 9 bulan sedangkan induk babi yang baru melahirkan sudah dapat dikawinkan kembali setelah umur 12 minggu atau setelah anaknya disapih.

3. Kandang Babi

Ada dua jenis kandang babi yang biasa di gunakan untuk  peternakan babi yaitu :
1. Jenis kandang tunggal
Kandang yang terdiri dari satu baris memanjang yang petak - petak.
2. Jenis kandang ganda
Kandang yyang terdiri dari dua baris yang letaknya saling berhadapan atau mempunyai jalan tengah yang fungsinya dapat memberikan perawatan terhadap ternak babi agar mudah.

Syarat kandang untuk ternak babi

1. kandang dibangun dengan model terbuka supaya sinar matahari masuk, pertukaran udara cukup baik
2. Sebaiknya lantai kandang sebaiknya dari dasar yang kuat ( lantai semen )
3. Disamping kandang dibuat saluran air bertujuan jika pada saat membuang kotoran pada saat kandang di bersihkan
4. Luas Kandang Babi
- Kandang beranak dengan ukuran 2,5 meter panjang dan lebar 1,5
- Kandang untuk ekor pejantan berukuran 3 x 2 m.
- Kandang untuk babi berumur 3 - 1 tahun dengan ukuran  panjang 1 m lebar 1 meter untuk tiap ekor.

cara beternak babi yang baik
CONTOH GAMBAR KANDANG

4. Ransum Untuk Babi Dan Cara Pemberian

Susunan makanan yang diberikan seperti bungkil kelapa, dedak, jagung, sisa-sisa ubi kayu dsb. Jumlah pakan yang diberikan :
a. Untuk anak babi yang berumur 6 minggu dikasih pakan butiran susu atau butiran 002 sampai umur 12 minggu.
b. Untuk pakan anak babi butiran 5 kg dan di campur dengan 1 tutup campuran Viterna plus, Poc Nasa dan Hormonik, untuk babi umur 4 - 8 minggu /ekor pakan yang dibutuhkan 1,5 - 2 kg dan di berikan 2 hari sekali pagi dan sore hari. untuk babi umur 8 - 12 minggu 2-2,5 perekor perhari.
c. Untuk babi umur 12 minggu sampai panen di kasih pakan campuran konsentrat 50  kg, tepung jagung 100 kg dan 50 kg dedak dan bisa ditambah bungkil 10 kg.
d. Setiap pemberian pakan 10 kg di kasih campuran produk nasa 4 ttp VITERNA 4 ttp POC NASA dan 2 ttp HORMONNIK.

Ternak babi disamping membtuhkan makanan juga membutuhkan air minum yang bersih setiap hari dan disediakan secara tidak terbatas dalam kandang sehingga babi dapat minum sesui dengan kebutuhannya.
DI BUTUHKAN DISTRIBUTOR DI SELURUH WILAYAH NUSANTARA DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG JUGA KEPADA KAMI !!!!
Demikian Sedikit Tentang Cara Beternak Babi Yang Baik semoga dengan adanya artikel ini semoga membantu para pemula yang ingin ternak babi yang baik semoga bermanfaat. bibit babi, cara memelihara babi, cara merawat babi, cara ternak babi, suplemen babi, ternak babi, vitamin babi, pakan babi, ransum babi, kandang babiUntuk pemesanan Viterna plus untuk babi KLIK DI SINI ==> : 087747838108

3 Responses to "CARA BETERNAK BABI YANG BAIK"

  1. Kalo di kupang NTT apakah sudah ada cabangx pak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk informasi lebih lanjut bpk bisa hubungi nomer kami pak 087747838108

      Hapus
  2. Info agennya di Bali khusus wilayah kabupaten buleleng pak.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel