pusat-pupuk-organik-nasa

pusat-pupuk-organik-nasa
PUPUK ORGANIK NASA ADALAH PUPUK ALAMI BERTEKNOLOGI TINGGI SEHINGGA MAMPU MENINGKATKAN KUANTITAS DAN KUALITAS PERTANIAN ANDA. DAPATKAN PUPUK PERTANIAN NASA HUB WA/CALL : 087747838108/082242036873 CHAT/BBM : D68201DC

CARA PEMUPUKAN KELAPA SAWIT DI TANAH GAMBUT

TEKNIS PEMUPUKAN KELAPA SAWIT DI LAHAN GAMBUT


cara-pemupukan-kelapa-sawit-di-tanah-gambut

Cara pemupukan kelapa sawit di lahan gambut dasar pemupukannya tidak jauh beda dengan pemupupukan kelapa sawit pada umumnya. pupuk seperti biasanya disebar mengelilingi pokok batang pohon. Pupuk harus di aplikasikan sesuai dosis dan aturan yang sebenarnya sesui lahan dan kondisi fisik tanahnya itu sendiri.

Pembukaan perkebunan kelapa sawit harus memperhatikan aspek keramahan terhadap alam dan lingkungannya. Pembuatan lahan dengan cara dibakar tidak baik untuk mendapatkan kebun yang siap ditanami, karena akan berpengaruh terhadap hilangnya berbagai unsur hara yang terkandung dalam tanah. Pengembangan perkebunan kelapa sawit di tanah gambut harus menjadi alternatif terahir dengan memprioritaskan kondisi tanah yang sudah mengalami degredasi.

Pemupukan kelapa sawit di tanah gambut cukup menggunakan jenis pupuk yang sama dengan tanah mineral, akan tetapi dosis yang digunakan lebih ditingkatkan lagi mengingat kondisi tanah gambut belum stabil. Nah dengan demikian jenis pupuk yang dipakai yaitu : SP-36 300 gr,RP 500 gr dan CuSO4 15 gr. Adapun jenis pupuk organik adalah POP SUPERNASA 15 gr. Untuk kelapa sawit yang sudah produksi atau menjelang produksi adalah : NPK sesui rekomendasi ppl setempat dan di kombinasi dengan SUPERNASA GRANULE 50 kg dan POWERNUTRITION 3 kg untuk standar kebutuhan lahan 1 hektar.

Untuk mengaplikasikan pupuk tersebut diatas khususnya pada pembibitan, isilah lubang tanam dengan top soil setebal 25 cm lalu dipadatkan. kemudian masukkan 1/3 dosis dari jumlah keseluruh pupuk. Tanaman bibit kelapa sawit dengan merobek dulu large bagnya. pastikan permukaan bola tanah sejajar dengan tanah di sekitarnya. timbun sekali lagi bibit kelapa sawit dengan tanah lapisan top sojl, kemudian taburkan lagi pupuk 1/3 dosis diatasnya. Lalu kemudian timbun dengan tanah sub soil, lalu taburkan sisa pupuk tersebut. kemudian tibi lagi dengan tanah sobsoil diatsnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemupukan kelapa sawit ditanah gambut yaitu :
  1. Sebelum memberikan pupuk, terlebih dahulu bersihkan gulma yang ada disekitar piringan yang melingkari pohon kelapa sawit.
  2. Untuk areal yang datar, pupuk ditaburkan melingkar berjarak antara 50 cm dari batang kelapa sawit.
  3. Pupuk harus ditebar secara teratur, tidak boleh asal asalan atau tidak beraturan.
  4. Pupuk yang tidak boleh dicampur, harusdiberi rentan waktu dari pengaplikasian pupuk lain dalam penerapannya, Contoh pupuk yang tidak boleh dicampur adalah MOP, DOLOMIT tidak boleh dicampur dengan ZA, UREA.
  5. Pupuk yang diaplikasikan harus remah atau gembur. tidak baik berupa gumpalan.
  6. Dosis yang tepat, waktu yang tepat, jenis yang tepat dan tata cara yang tepat.
PUPUK NASA UNTUK SAWIT DITANAH GAMBUT

Penggunaan pupuk yang berimbang harus dilakukan, yaitu dengan cara pemberian pupuk makro dan mikro serta pemberian hormon pertumbuhan juga harus diberikan, Guna memenuhi ketersediaan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman, serta penggunaan pupuk yang mampu memperbaiki kerusakan tanah. Untuk menunjang perkebunan yang lesatari.

Demikian artikel tetang cara pemupukan kelapa sawit di tanah gambut jika bermanfaat bagi anda jangan lupa share / komen ya ? terimakasih, terimakasih, terimakasih sudah mengunjungi blog kami.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA PEMUPUKAN KELAPA SAWIT DI TANAH GAMBUT"

Posting Komentar