Tanya Jawab Pupuk Sawit Nasa

Tanya Jawab Pupuk Sawit Nasa


Tanya : Dosis, cara dan waktu aplikasi prod NASA untuk sawit yang sudah berbuah?

Jawab : Dosis ideal 3,5 - 5 kg POWER NUTRITION per 4 - 6 bulan sekali , diawal musim hujan dan diakhir musim hujan, dengan cara dikocor, atau ditabur ke piringan (bersama atau tidak dengan NPK).

Tanya : Bisakah memupuk sawit dengan POWER tanpa menggunakan air?

Jawab : Prinsip memupuk agar bisa diserap oleh tanaman adalah ketersediaan air ditanah (kadar air dalam tanah). Jika tanah cukup lembab, efisiensi pemupukan Makro ataupun dengan POWER akan cukup tinggi, sebaliknya jika kadar air tanah sangat rendah (karena kemarau panjang) sebaiknya pemupukan dengan system pengocoran atau menunda pemupukan dahulu.

Tanya : Kelapa sawit produksi sudah lama tidak dipupuk/ diurus, dosis NASA berapa dan efek berapa lama?

Jawab : Melihat kasus diatas sebaiknya aplikasi pupuk yang ideal adalah 3,5 ? 5 kg SUPERNASA atau POWER NUTRITION dan dengan NPK atau pupuk makro majemuk dengan dosis rekomendasi dari dinas pertanian setempat dengan cara ditaburkan (jika kadar air tanah cukup) atau dikocorkan jika tanah kering dengan air 5 liter per pokok. Efek pupuk bagi tanaman dipengaruhi antara lain oleh kondisi keasaman tanah, kadar air tanah, genetika tanaman, sejarah pemupukan lahan dll. Untuk pengalaman untuk tanaman sawit pengaruh pemupukan akan tampak antara1-4 bulan tergantung kondisi stress tanaman tersebut.



Tanya Jawab Pupuk Sawit Nasa

Tanya : Tanaman sawit kuning di rawa bagaimana aplikasi dengan produk NASA?

Jawab : Untuk mengatasinya harus bersama-sama lakukan teknis sebagai berikut : Buat parit-parit drainase, bersihkan piringan dan rintis, lakukan pemupukan dengan dolomit, lakukan pemupukan 1 bulan setelah aplikasi dolomit dengan pupuk TSP/SP36, atau pupuk NPK/MAKRO, yang dicampur dengan SUPERNASA yang memiliki daya kerja terbaik sebagai pembenah tanah.

Tanya : Bagaimana komposisi produk NASA terbaik untuk tanaman sawit produksi yang ditanam ditanah rawa (rendahan) ?

Jawab : Gunakan SUPERNASA 2,5 kg dan POWER NUTRITION 2,5 kg per hektar per 4-6 bulan sekali.

Tanya : Berapa pengurangan pupuk makro yang ?aman ?jika sudah menggunakan POWER NUTRITION 3,5 ? 5 kg per hektar per 6 bulan?

Jawab : Pengurangan sebaiknya maksimal 50% dari dosis rekomendasi setempat.

Tanya : Bagaimana aplikasi produk NASA jika disemprotkan pada bibit sawit dan sawit dibawah 2 tahun?

Jawab : Untuk penyemprotan di pembibitan gunakan POC NASA 4-5 tutup dan HORMONIK 1 tutup per tangki merata. Dan untuk tanaman TBM disemprotkan per tangki untuk 10-15 tanaman

0 Response to "Tanya Jawab Pupuk Sawit Nasa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel